Team Work


2 minggu terakhir ini saya habiskan waktu dengan kerja yang luar biasa. Pekerjaan akhir tahun memang menuntut ekstra tenaga dan pikiran, evaluasi tahunan dan perencanaan tahun depan. Semua hampir sama dimana-mana, cuma ada satu yang mengusik pemikiran saya hari-hari ini. Team work, ya, kata-kata ini memang mudah diucapkan, tapi pada kenyataannya susah dilaksanakan.





Hari-hari ini saya mengamati bagaimana perilaku manusia di sekitar saya dalam mewujudkan team work. Banyak yang sukses, banyak juga yang lucu. Umumnya yang lucu dan gagal adalah karena terlalu memegang dan percaya pada semua yang dimiliki olehnya (team, hasil pekerjaan, data dll) tanpa mau memeriksa atau cross check lagi ke bagian-bagian lain yang mungkin saja punya sesuatu yang berbeda. Akhirnya, ketika dua atau lebih pekerjaan ditemukan dan digabungkan yang seharusnya sinkron dan tinggal di selesaikan seperti membalik telapak tangan (lha, wong tinggal copy sama paste aja), menjadi gagal atau tidak berhasil semudah itu. Banyak sekali yang harus dikoreksi ulang, diketik ulang dan betul-betul wasting time...menyebalkan memang, tapi kesadaran untuk selalu cross check dan validating data memang harus terus menerus supaya di akhir pekerjaan sudah tidak ada lagi pekerjaan yang harus mulai dari awal karena kebodohan kita sendiri.

Masih bagus kalau sama-sama menyadari kesalahan dan tidak mencari kambing hitam atas kegagalan pekerjaan, tapi kalau sama-sama ngotot merasa benar kan tambah ruwet, kerjaan gak selesai, tenaga habis dan tidak ada yang mau mengerjakan lagi...

Mudah-mudahan akhir tahun ini perkerjaan di kantor saya dan anda semua bisa berjalan lancar.

Maaf tidak bisa memberi pencerahan panjang lebar dulu, maklum lah masih banyak juga pekerjaan yang harus di selesaikan dan harus ngurusin teman-teman yang team work nya gagal di kantor...


Comments

  1. sukses dengan pekerjaanya pak, moga ndak larut dalam keruwetan :D

    ReplyDelete
  2. yang paling bingung kalo uda gagal, eh malah gak ngerasa gagal...

    ReplyDelete
  3. bener...yang gitu sih di jitak aja...hahaha

    ReplyDelete
  4. iya Pak, akhir taun pekerjaan memang membutuhkan tenaga dan perhatian ekstra. Hiks...cape pisan lah pokokna mah. Alhamdulillah tim di tempat lies kompak (hehehe...ieu mah pengumuman :p)

    ReplyDelete
  5. sukses ya om....

    selamat berjuang.....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Romantisme Melayu Siti Nurhaliza, Memaknai Lagu Cindai

Tragedi Dewi Sinta

Toleransi Beragama yang diajarkan Umar Ibn Khattab RA